Skip to content

Trik Mencegah Penyakit DBD Di Saat Musim Hujan Dan Resep Obat Rumahan

Trik Mencegah Penyakit DBD Di Saat Musim Hujan Dan Resep Obat Rumahan

Transkhatulistiwa Depok 10/2020

Musim sudah mulai masuk musim penghujan dan untuk menjaga diri kita, maupun keluaraga dari berbagai penyakit, sebaiknya kita mulai sejak dini mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya penyakit yang biasa menyerang disaat musim penghujan adalah penyakit Demam Berdarah.

Sebelum telanjur terkena demam berdarah, jauh lebih baik meningkatkan kesadaran untuk membiasakan hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, dan membasmi tempat atau sarang perkembangbiakan nyamuk.

Pencegahan sebaiknya dimulai dari diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal sekitar. Merangkum dari berbagai sumber, terdapat 11 langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi paparan terhadap nyamuk Aedes aegypti dan terkena demam berdarah, antara lain:

  1. Oleskan lotion antinyamuk pada bagian tubuh atau kulit untuk mencegah gigitan nyamuk. Jam rawan nyamuk menyerang berkisar pukul 16.00-19.00. Tapi jangan oleskan di permukaan yang luka atau lecet, dekat mata dan mulut. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci tangan

Oleskan lotion antinyamuk cukup di bagian kulit yang tak tertutup pakaian. Namun hindari mengoleskannya di permukaan yang luka karena akan menimbulkan iritasiKenakan celana panjang dan baju lengan panjang untuk menutupi kulit Anda.

Pasang kelambu atau kasa nyamuk di tempat tidur, terutama untuk bayi.

Hindari menggantung terlalu banyak pakaian bekas pakai karena nyamuk menyukai aroma keringat manusia.

Semprotkan obat pembunuh serangga di sudut-sudut gelap dalam rumah seperti di kolong tempat tidur, sofa, maupun di balik tirai.

Tutup semua wadah dan hindari genangan air seperti ember buangan AC, penadah hujan. Untuk bak mandi, kuras setidaknya seminggu sekali untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di dalam rumah.

Jangan abaikan wadah terbuka yang terisi air seperti bak mandi atau vas bunga karena bisa menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak. Kuras dan ganti airnya secara berkala Gemburkan tanah pada pot untuk mencegah tergenangnya air.

Kubur barang-barang yang dapat menampung air seperti plastik, ban bekas, drum, batok kelapa, pot, kaleng atau botol bekas yang sudah tak terpakai.

Pangkas pohon yang terlalu rimbun, buang semua daun yang berguguran dan sampah yang menumpuk, serta bersihkan kotoran yang menyumbat di talang atap.

Ketika musim hujan, pohon yang terlalu rindang cukup membahayakan bagi orang yang melintas di bawahnya. Selain itu, kondisi yang sejuk dan gelap di bawah pohon rentan jadi tempat nyamuk bersarang Tabur insektisida pembunuh serangga di selokan dan talang atap.

Segera bersihkan rumah setelah banjir surut agar menghindari lembap, tumbuhnya jamur, dan bersarangnya nyamuk.

Dan Berikut ini resep obat rumahan yang populer dan efektif untuk mengatasi demam berdarah.

Jambu biji berfungsi mencegah pendarahan, meningkatkan metabolisme, menyerap zat besi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus. 

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia ketika menjenguk orang sakit pasti membawakan bingkisan jambu biji. Kandungan vitamin C pada buah berbiji banyak ini lebih tinggi dari jeruk sehingga bisa membantu mempercepat penyembuhan DBD. Anda bisa mengolahnya menjadi jus segar untuk mengobati demam berdarah. Minumlah satu cangkir jus jambu biji dua kali sehari atau bisa juga dimakan langsung.

Biji fenugreek mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, K, dan serat yang membantu menurunkan demam dan meningkatkan kekebalan tubuh. Rendam biji fenugreek secukupnya dalam secangkir air panas. Biarkan sampai dingin dan minumlah dua kali sehari.

Daun pepaya banyak pakar kesehatan menyarankan mengonsumsi jus daun pepaya untuk mengobati demam berdarah. Ekstrak daun pepaya membantu mengurangi gejala demam berdarah seperti demam tinggi, ruam kulit, dan meningkatkan jumlah trombosit

Obat lain yang sangat efektif adalah jus daun pepaya. Daun pepaya dikenal sebagai obat alami untuk demam berdarah. Daunnya memiliki campuran nutrisi dan senyawa organik yang membantu meningkatkan jumlah trombosit. Daun pepaya juga memiliki tingkat vitamin C yang tinggi sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh. Sementara antioksidan membantu mengurangi stres dan menghilangkan racun dari tubuh

Daun kemangi adalah ramuan ajaib yang tidak hanya menyembuhkan demam berdarah, tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh. Mengunyah 5-6 daun kemangi terbukti meningkatkan kekebalan. Daun kemangi telah direkomendasikan sebagai pengobatan

Ayurveda yang efektif untuk demam berdarah. Selain itu, daun kemangi memiliki minyak esensial dengan sifat insektisida alami yang bisa mengusir nyamuk

Daun mimba
Daun nimba atau neem bersifat kuratif yang bisa digunakan sebagai obat berbagai penyakit. Daun mimba bisa meningkatkan jumlah trombosit dan sel darah putih. Cukup seduh daun mimba untuk mendapatkan khasiatnya sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jeruk adalah buah yang kaya vitamin dan antioksidan yang mampu mengusir virus dan melancarkan pembuangan urine, sehingga baik untuk memulihkan antibodi.

Sama seperti buah jambu biji, jeruk kaya akan antioksidan dan vitamin yang membantu mengobati gejala demam berdarah di musim hujan. Jeruk juga membantu menghilangkan virus. Selain meningkatkan antibodi, jeruk juga merangsang buang air kecil sehingga melepaskan racun dari tubuh. Jus jeruk juga memperbaiki sel-sel tubuh karena mengandung vitamin C yang sangat penting dalam memproduksi kolagen. (AM)

Please follow and like us:
0

Leave a Comment