Skip to content

TEMPAT DAN WAKTU DOA DI IJABAH

TEMPAT DAN WAKTU DOA DI IJABAH

 

 

 

.

Kita pasti tau yang namanya Raudhah yaitu sebuah tempat yang terletak di dalam masjid Nabawi Madinah, antara mimbar dan maqam Nabi SAW. Tempat ini selalu menjadi rebutan bagi para calon atau jamaah haji.

Biasannya Masjid Nabawi ditutup jam 23.00 dan dibuka kembali Pk 03.00 untuk perawatan. Nah, yang lebih kagumnya lagi menjelang pintu masjid dibuka, ribuan jamaah sudah berkerumun di depan pintu Raudhah. Para Jamaah Haji berlari cepat saat pintu masjid dibuka, berlomba-lomba untuk dapat menempati Raudhah. Secepat para jamaah yang mereka bisa Subhanallah…

Pertanyaanya mengapa sampai sedemikian hebatnya para jamaah haji berlomba untuk menempati Raudhah? Ada apa di balik tempat tersebut ? Ternyata Raudhah adalah maqam mustajabah untuk berdoa kepada Allah SWT (tempat yang mustajab untuk berdoa). Pantaslah, kalau menjadi rebutan.

Maqam mustajabah juga banyak terdapat di masjid Haram, Mekah. Untuk itu berbahagialah bagi yang diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, karena mereka dapat meraup keuntungan menempati maqam mustajabah, tempat yang doanya mustajab.

Tapi bagi yang belum pernah malaksanakan ibadah haji tidak perlu kecewa dan berkecil hati. Ketahuilah, atas berkat rahmat Allah , Sesungguhnya [dan tidak usah jauh-jauh] di kampung kita masing-masing juga ada maqam mustajabah, seperti Raudhah di Madinah atau tempat-tempat tertentu di Mekah, yaitu di masjid kita sendiri pada saat antara adzan dan iqamat.

Sebagaimana sabda nabi: “Doa yang dipanjatkan oleh seseorang di antara waktu adzan dan iqamat, tidak akan ditolak” (HR Abu Daud & Tirmidzi).

Untuk itu marilah shalat berjamaah di masjid, gunakan kesempatan emas ini untuk berdoa kepada Allah.

Semoga Ibadah dan Doa yang kita kerjakan dengan niat karna Allah segera diIjabah dan diterima sebagai ladang amal  untuk kita di yaumilhisab . Aamiin YRA.(Ach M)

Please follow and like us:
0

Leave a Comment