Skip to content

PUBLIKASI KINERJA DINAS PEMADAM KEBAKARAN KAB. BOGOR

[caption id="attachment_107" align="alignleft" width="169"] Kadin Damkar Kab Bogor[/caption]

FUNGSI DAN TUGAS POKOK DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN BOGOR

STRUKTUR ORGANISASI DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN BOGOR

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 12 Tahun 2016 tentag Pembentukan Dinas Daerah jo Peraturan Bupati Nomor 67 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan, Organisasi, Tugas dan Fungsi sorta Tata Keq’a Dinas Pemadam Kebakaran. Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor merupakan perangkat Daerah sebagaj unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang ketentraman, ketertiban umum serta perlindungan masyarakat sub urusan kebakaran dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretan’s Daerah. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh 1 (satu) Sekretariat, 3 (tiga) Bidang, 2 (dua) Sub Bagian, 6 (enam) Kepala Seksi.

Dinas Pemadam Kebakaran mempunyai Tugas Pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan urusan pemen’ntahan di bidang ketentraman, ketertiban umum serta perh’ndungan masyarakat sub urusan kebakaran dan

tugas pembantuan. Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Dinas mempunyai fungsi :

a. perumusan kebijakan di bidang ketentraman, ketertiban umum serta perlindungan masyarakat sub urusan kebakaran;

b. pelaksanaan kebijakan di bidang ketentraman, keteru’ban umum serta perlindungan masyarakat sub urusan kebakaran;

c. pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan di bidang ketentraman, ketertiban umum serta perljndungan masyarakat sub ufusan kebakaran;

d. pelaksanaan administrasi Dinas; dan

e. pelaksanaan fungsi lain yang diben’kan oleh Bupati sesuai bidang tugasnya.

1. SEKRETARIAT Sekretariat mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas dalam melaksanakan pengelolaan kesekretariatan Dinas Untuk menyelenggarakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi : a. pengoordinasian penyusunan program, monitoring, evaluasi dan pelaporan Dinas b. pengelolaan rumah tangga, tata usaha dan kepegawaian Dinas; c. pengoordinasian penyusunan rancangan produk hukum; dpenyusunan kebijakan penataan organisasi Dinas; e. pengelolaan keuangan Dinas;

f. pengelolaan situs web Dinas; dan . . 8pelaksanaan fungsi lain yang diberikan pimpinan 8681181 bldang

tugasnya. Dalam Melaksanakan tugasnya, sekretan’at dibantu oleh :

~ Sub Bagian Program dan keuangan. Sub bagian program dan keuangan mempunyai tugas membantu

sekretaris dalam melaksanakan pengelolaan data, pengoordinasian penyusunan program dan pengelolaan administrasi keuangan Dinas.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan pengelolaan rumah tangga, tata usaha

dan kepegawaian Dinas.

2. BIDANG PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN BAHAYA KEBAKARAN

Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bahaya Kebakaran mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, monitoring dan evaluasi pencegahan dan kesiapsiagaan bahaya kebakaran, dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh : Seksi Penyuluhan dan Pembinaan Seksi Penyuluhan dan Pembinaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bahaya Kebakaran dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan penyuluhan dan pembinaan Seksi Penguatan Kapasitas Seksi Penguatan Kapasitas mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bahaya Kebakaran dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan penguatan kapasitas.

3. BIDANG PENANGGULANGAN KEBAKARAN

Bidang Penangg’ulangan Kebakaran mempunyai tugas membantu Kepala Dinas

dalam melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan

norma, standar, prosedur dan kriteria, monitoring dan evaluasi penanggulangan

kebakaran, dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh :

Seksi Operasi Pemadaman Seksi Operasi Pemadaman mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dalam melakukan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan operasi pemadaman.

Seksi Penyelamatan dan Pertolongan Darurat Seksi Penyelamatan dan Pertolongan Darurat mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dalam menyiapkan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelamatan dan pertolongan darurat.

f. pengelolaan situs web Dinas; dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan pimpinan 8681181 bldang

tugasnya. Dalam Melaksanakan tugasnya, sekretan’at dibantu oleh :

~ Sub Bagian Program dan keuangan. Sub bagian program dan keuangan mempunyai tugas membantu

sekretaris dalam melaksanakan pengelolaan data, pengoordinasian penyusunan program dan pengelolaan administrasi keuangan Dinas.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan pengelolaan rumah tangga, tata usaha

dan kepegawaian Dinas.

2. BIDANG PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN BAHAYA KEBAKARAN

Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bahaya Kebakaran mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, monitoring dan evaluasi pencegahan dan kesiapsiagaan bahaya kebakaran, dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh : Seksi Penyuluhan dan Pembinaan Seksi Penyuluhan dan Pembinaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bahaya Kebakaran dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan penyuluhan dan pembinaan Seksi Penguatan Kapasitas Seksi Penguatan Kapasitas mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bahaya Kebakaran dalam melakukan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan penguatan kapasitas.

3. BIDANG PENANGGULANGAN KEBAKARAN

Bidang Penangg’ulangan Kebakaran mempunyai tugas membantu Kepala Dinas

dalam melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan

norma, standar, prosedur dan kriteria, monitoring dan evaluasi penanggulangan

kebakaran, dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh :

Seksi Operasi Pemadaman Seksi Operasi Pemadaman mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dalam melakukan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan operasi pemadaman.

Seksi Penyelamatan dan Pertolongan Darurat Seksi Penyelamatan dan Pertolongan Darurat mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dalam menyiapkan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelamatan dan pertolongan darurat.

BIDANG DATA INFORMASI DAN PENGAWASAN SISTEM PROTEKSI

KEBAKARAN

Bidang Data lnformast dan pengawasan Slstem Proteksi Kebakaran mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan perumusan kebijakan, penyususanan norma, standar. prosedur dan kriteria monitoring dan evaluasi data

informasl dan pengawasan slstem proteksi kebakaran, dalam melaksanakan

tugasnya dibantu oleh :

. Seksi Data Informasi Seksi Data lnformasi mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Data lnformasi dan Pengawasan Sistem Proteksi Kebakaran dalam melakukan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan data informasi.

Seksi Pengawasan Sistem Proteksi Kebakaran Seksi Pengawasan Sistem Proteksi Kebakaran mempunyai tugas membantu

Kepala Bidang Data Informasi dan PengaWasan Sistem Proteksi Kebakaran dalam melakukan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan supervisi, serta monitoring, evaluasi dan pelaporan pengawasan

sistem proteksi kebakaran.

Unit Pelaksana Teknis Unit Pelaksana Teknis mempunyai tugas melaksanakan kegiatan teknis operasional dan / atau kegiatan teknis penunjang tertentu.

Sebelum pembentukan UPTD Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor dibentuk, maka untuk mempercepat pelayanan kegiatan masyarakat di dalam penanggulangan Pemadam Kebakaran pencegahan dan Kesiapsiagaan saat ini di

wilayah Ciawi,Leuwiliang, dan Cibinong dibentuk Pos Pemadam Kebakaran (POSDAM).

Please follow and like us:
0

Leave a Comment