Skip to content

“JATIJAJAR BISA” MENJADI TEMA DALAM PELATIHAN,PENYULUHAN MITIGASI

“JATIJAJAR BISA” MENJADI TEMA DALAM PELATIHAN,PENYULUHAN MITIGASI

Transkatulistiwa Cianjur 19-11-2019

Bencana alam yang berada di sekitar kita bisa terjadi setiap saat.  Kebakaran rumah, gedung, hutan, perkantoran, gempa bumi dan lain-lain tidak bisa diprediksi kapan datangnya baik itu skala kecil maupun besar. Untuk itu kita selaku masyarakat harus senantiasa waspada dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi bencana, oleh karna itu kepada ketua Rt maupun Rw untuk mengigatkan kepada warganya agar memangkas pohon-pohon yang sudah rindang agar bila ada angin puting beliung bisa kita cegah tumbangnya pohon yang bisa mencelakai kita maupun orang lain, serta dapat memeriksa instalasi listrik yang rumahnya sudah lebih dari 12 tahun, agar tidak terjadi kebakaran, yang biasanya disebabkan kosleting listrik, yang mengakibatkan kebakaran, hal tersebut disampaikan Teddy Hasanudin selaku Kabid Penyuluhan Dinas Pemadam kebakaran kota Depok dalam acara pelatihan dan penyuluhan mitigasi yang diadakan oleh Kelurahan Jatijajar kota Depok.

Untuk penanggulangan dini terhadap bencana kebakaran bencana alam, kelurahan Jatijajar kota Depok bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) kota Depok mengadakan Pelatihan serta penyuluhan pencegahan dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 19, sampai 20 November 2019 tersebut dilaksanakan bertempat dihotel bukit indah Puncak Ciloto Cianjur, yang mengikutsertakan para ketua Rt, Rw, Karang Taruna, Kader serta tokoh masyarakat Jatijajar.

Pelatihan ini dilakukan secara bertahap selama dua hari yang dibuka oleh Camat Tapos Dedi Rusmadi serta Kepala Dinas DAMKAR kota Depok R.Gandara Budiana yang diikuti 140 orang peserta, yang berasal dari 14 Rw yang ada di kelurahan Jatijajar.

Pada Pelatihan penyuluhan sesi kedua yang dibawakan oleh Wellman Naipospos kepala bidang oprasional Damkar kota Depok , mengatakan pelatihan mitigasi yang dilksanakan ini sangat berguna bagi diri sendiri dan lingkungan disekililing kita.  Adapun sasaran utama pelatihan ini adalah agar masyarakat lebih tanggap terhadap bencana yang terjadi diwilayahnya, sehingga para peserta yang sebagian adalah penggurus lingkungan lebih dapat tanggap apabila terjadi bencana, terutama bencana kebakaran para penggurus lingkungan bisa dapat menelphon pemadam kebakaran, serta dapat mensterilkan tempat agar bila pemadam kebakaran tiba kelokasi tidak terganggu oleh masyarakat yang menonton.

Pada kesempatan yang sama Lurah Jatijajar Sugino selaku pelaksana acara, yang didampinggi seketarisnya Nopendi mengatakan kepada media ini, acara mitigasi pelatihan yang diadakan ini diharapkan para peserta bisa melakukan pengendalian kebakaran dan memahami serta mengerti tata cara memadamkan api.  Apabila terjadi kebakaran diharapkan jangan panik, karena panik dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan ujarnya.

Disamping itu para peserta dilatih tata cara mengendalikan api yang disebabkan oleh kebocoran dari tabung gas, maupun praktek cara memadamkan api, pihak DAMKAR kota Depok juga melatih tata cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) seperti cara membuka alat picu, penyemprotan alat APAR, baik itu dari jarak penyemprotan, dan sebagainya.

Dari kegiatan ini menurut Andi Kasietbang kelurahan Jatijajar diharapkan dengan adanya acara seperti ini dapat terciptanya silaturahim antar warga masyarakat kelurahan Jatijajar yg terdiri dari 14 Rw, yang nantinya akan dapat terbentuk satgas bencana kelurahan jatijajar.

(Achmad Mauludin )

Please follow and like us:
0

Leave a Comment