Skip to content

Danramil 01 Tanjungpandan Penuhi Permintaan SMPN 2 Tanjungpandan Sebagai Pembina Upacara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Danramil 01 Tanjungpandan Penuhi Permintaan SMPN 2 Tanjungpandan Sebagai Pembina Upacara

Transkhatulistiwa Tanjungpandan, Belitung. Pagi tadi Senin 16/10/2017

Danramil 0414-01 Tanjungpandan, Mayor Inf Djoko Lelono penuhi tugas permintaan dari Kepala SMP Negeri 2 Tanjungpandan sebagai pembina upacara.

Siswa siswi SMP yang terletak di Jalan Kapten Saridin Kelurahan Pal Satu Tanjungpandan diberi amanat tentang pemahaman makna dari upacara serta menanamkan rasa cinta terhadap tanah air.

Kegiatan upacara mengapa harus dilaksanakan karena ada berapa arti dan makna yang terkandung dalam upacara, diantaranya disiplin para siswa harus tepat waktu dan sesuai dengan urutan upacara yang telah diatur, serta menggugah kembali rasa nasionalisme berarti menanamkan rasa cinta terhadap tanah air dengan melaksanakan penghormatan kepada Bendera sang saka merah putih, katanya pada saat memberikan amanatnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak hanya itu ia juga mengatakan
dalam upacara juga akan melatih kepemimpinan dan etika, bahkan pergaulan remaja yang menurutnya perlu menanamkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
“Untuk melatih kepemimpinan, karena setiap upacara siswa akan ditunjuk menjadi pemimpin dalam pelaksanaan kegiatan sesuai tugas dan tanggung jawabnya dalam upacara.Serta etika bagaimana pentingnya pemahaman etika bagi siswa siswi setingkat SMP karena etika ini akan menunjukan moral dan akhlak yang baik maka etika harus diterapkan terhadap kedua orang tua, Ibu bapak guru dan bermasyarakat serta sesama rekan siswa. Maupun pergaulan anak remaja siswa siswi perlu penanaman keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan, karena ini yang menjadi dasar untuk dipegang teguh agar tidak berpengaruh hal hal yang negatif dalam pergaulan, diantaranya pergaulan bebas, narkoba, minum minuman keras dan merokok serta dampak negatif dari penggunaan IT yang tidak terkontrol, Katanya.

 

Selanjutnya Danramil juga menyampaikan tentang Pancasila sebagai siswa generasi muda pada tingkat SLTP masih polos mudah dipengaruhi maka perlu adanya pemahaman tentang Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari sesuai butir-butir Pancasila yang ada dan dipahami dan diamalkan dengan sempurna.

Serta menjelaskan secara singkat nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila dari Sila Pertama sampai Sila ke Lima.
Sebelum meninggalkan mimbar Upacara Danramil memberikan pembekalan kepada siswa siswi bagaimana sikap yang baik dalam upacara sehingga upacara menjadi lebih hikmat dengan memeragakan, mengomentari, mengoreksi dan siswa siswi melaksankan sikap yaitu sikap sempurna, sikap istirahat dan tata cara menghormat.
Siswa siswi secara serentak dapat mengikuti aba aba ternyata dalam waktu 5 menit siswa siswi dapat melaksanakan dengan baik ketiga sikap tersebut.

“Semoga dapat diterapkan pada upacara senin berikutnya,” harap Djoko saat melihat sikap dari siswa SMPN 2 Tanjungpandan.
Dalam kegiatan upacara tersebut, dihadiri Kepala SMP Negeri 2 Tanjungpandan Iskamil, 10 staf sekolah dan 36 guru serta 602 Siswa.(Dedy, ACH)

Please follow and like us:
0

Leave a Comment